Selasa, 21 April 2015

Syarat Melayani Tuhan | Kisah Para Rasul 6

Pada Kisah Para Rasul 6 ini kita melihat bahwa pelayanan terhadap jemaat miskin di gereja mula-mula tersebut mengalami masalah. Hal ini disebabkan Para Rasul yang menjadi pemimpin di gereja mula-mula tersebut tidak mampu untuk mengurusi pelayanan terhadap jemaatnya sendiri karena mereka terlalu sibuk dengan pelayanan keluar (Ayat 4)


Maka pada akhirnya dipilih lah 7 orang pelayan untuk melakukan pelayanan diakonia. 7 orang yang dipilih tersebut memiliki syarat yaitu harus orang yang terkenal baik, penuh Roh dan hikmat. Kenapa para rasul harus memberikan syarat? Tentu saja para rasul berharap orang-orang yang melayani Tuhan adalah orang-orang yang sudah dewasa rohani dan takut Tuhan sehingga tidak mudah mundur dari pelayanan karena menderita, dan tidak mudah korupsi karena berhubungan dengan uang atau harta yang digunakan untuk pelayanan diakonia tersebut.

Ada banyak perkara hikmat yang bisa kita pelajari dari pasal ini. Tetapi yang pertama yang dapat dilihat adalah bahwa para rasul sekalipun tidak dapat melayani semua macam pelayanan sendirian. Dibutuhkan team yang bisa bekerja sama untuk melayani Tuhan.

Demikian juga gereja kita. Gembala kita tidak akan sanggup melayani gereja ini sendirian. Tuaian banyak tetapi pekerja sedikit. Oleh karena itu, mari saudara, Anda dan saya, mari kita membantu pelayanan gereja Tuhan di tempat ini. Dan berdoalah agar kita diberikan Roh serta hikmat sehingga kita bisa melayani dengan baik dan benar dan dengan hati hamba sehingga kita tidak mudah tersinggung atau kesal.
Karena Melayani tidak memiliki hak untuk tersingggung.

Share