Rabu, 15 April 2015

Langkah Pertama Untuk Memperoleh Pertolongan Tuhan | Kis 3:1-10

Pada nats bacaan Alkitab kita kali ini, Alkitab menuliskan kisah tentang orang lumpuh yang menjadi pengemis yang disembuhkan oleh Petrus dan Yohanes dengan kuasa Yesus Kristus.

Apa yang pertama kali dilakukan oleh orang lumpuh itu sehingga ia memperoleh keselamatan? Dan apa yang dilakukan oleh Petrus dan Yohanes sebelum mereka memberikan kesembuhan yang dari Tuhan?






Ayat 3 mengatakan bahwa Pengemis itu melihat Petrus dan Yohanes. Ini penting. Jika pengemis itu tidak mau melihat Petrus dan Yohanes, maka dia akan melewatkan kesempatan untuk disembuhkan.

Ay 4 berkata Petrus dan Yohanes menatap pengemis itu, dan kemudian berkata kepadanya "lihatlah kepada kami." Aneh ya? Di ayat yang ke 3 dikatakan bahwa pengemis itu sudah melihat Petrus dan Yohanes, tetapi di ayat 4 Petrus dan Yohanes menyuruh pengemis itu untuk melihat mereka.

Di dalam terjemahan lama atau terjemahan sehari-hari digunakan kata "Pandanglah kami". Pandang disini artinya untuk melihat tidak sekedar melihat, tetapi melihat baik-baik, memperhatikan, memberikan perhatian sepenuhnya. Sebelumnya mungkin pengemis itu sambil melihat Petrus dan Yohanes, sambil melihat orang yang lalu lalang juga untuk meminta-minta uang sedekah.

Memperhatikan Tuhan dengan baik. Melihat kepada Tuhan. Memandang Tuhan. Memberikan perhatian sepenuhnya kepada Tuhan dengan baik, itu langkah pertama untuk memperoleh pertolongan Tuhan dalam hidup kita.

Share