Minggu, 26 April 2015

Cara Menambah Jemaat Gereja | Kisah Para Rasul 11

Minggu lalu kita belajar bahwa percuma berdoa meminta-minta jiwa-jiwa kepada Tuhan untuk memenuhi setiap kursi yang kosong di gereja kita, jika kita sendiri belum bisa menjadi teladan yang baik bagi jemaat.




Jika kita sendiri masih belum dewasa rohani, masih gampang tersinggung, masih mementingkan urusan kita sendiri, belum bisa memelihara jemaat, untuk apa meminta jemaat? Hanya akan membuat jemaat terlantar dan tidak terpelihara dengan baik.

Minggu ini, kita melihat begitu banyak kesaksian jiwa-jiwa yang ditambahkan kepada Tuhan. Kemarin kita melihat Kornelius menjadi teladan di dalam kesalehan sehingga banyak orang mulai dari keluarganya sendiri, bawahannya, hingga semua sanak saudara dan sahabat-sahabatnya ikut menjadi percaya kepada Tuhan.

Hari ini lagi-lagi kita diajar tentang penambahan jiwa-jiwa ini. Ayat 24 mengatakan "Karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan Iman, sejumlah orang dibawa kepada Tuhan" Dalam Terjemahan bahasa Indonesia ILT, dikatakan bahwa bukan sejumlah orang tetapi kerumunan orang yang cukup banyak. Jiwa dalam jumlah banyak ditambahkan kepada mereka.

Apa yang membuat banyak jiwa-jiwa ditambahkan kepada mereka?
1. Karena Barnabas orang baik. Terjemahan sehari-hari digunakan kata "Baik hati".
2. Karena Barnabas penuh dengan Roh Kudus. Ini menunjukkan keintiman Barnabas dengan Tuhan. Apakah Anda intim dengan Tuhan? Merenungkan Firman Tuhan setiap hari? Berdoa senantiasa?
3. karena Barnabas penuh dengan Iman.

Memiliki 3 hal ini, maka tidak usah meminta-minta, Tuhan sendiri secara otomatis akan menambah  jiwa-jiwa ke dalam gereja Anda.

Share