Senin, 20 April 2015

Gembira Karena Menderita | Kisah Para Rasul 5

Ada kisah yang luar biasa di dalam Kisah Para Rasul 5 ini. Kisah yang sangat menggetarkan hati dan sekaligus membakar semangat kita semua. Membuat kita semua seharusnya tertampar jika tidak mau menderita untuk Tuhan.


Bacalah satu pasal ini dengan baik-baik, lalu perhatikan ayat yang ke 41. Di katakan bahwa "Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus."

Perhatikan kalimat yang saya garis bawahi. Para Rasul gembira karena telah dianggap layak menderita. Tidak semua orang dianggap layak menderita. Hanya orang-orang yang spesial di mata Allah yang layak untuk menderita. Dan para rasul mengalami hal tersebut, di ayat 40 dikatakah bahwa mereka di sesah. Disesah artinya dicambuk. Walau tidak menggunakan cambuk duri seperti yang digunakan untuk mencambuk Yesus. Tapi tetaplah cambuk tersebut sangat menyakitkan. Dan Para rasul sangat girang riang gembira karena mereka menderita untuk Yesus.

Bagaimana dengan kita? Apa reaksi kita saat kita menderita di dalam pelayanan? Bagaimana reaksi Anda saat Anda mengalami kesusahan di dalam melayani Tuhan?

Apa reaksimu jika di gereja ada orang lain yang menyakiti hatimu?

Apa reaksimu jika di gereja, tugasmu terasa lebih berat daripada tugas orang lain?

Apa reaksimu jika di gereja diberi tugas berat yang seolah diluar kemampuanmu?

Share