Jumat, 07 Maret 2014

Di dalam Yesus kita beroleh keberanian.


Bacaan Harian: Efesus 3

Sering kali kita merasa rendah diri saat kita dipercaya untuk melaksanakan tugas-tugas melayani Tuhan. Berapa banyak dari kita yang sering menolak atau menghindar saat kita diberikan tugas untuk memimpin doa dalam suatu ibadah? Atau didaulat untuk menjadi singer atau WL di depan? Atau bahkan diundang menjadi pengkotbah atau pembicara dalam suatu acara?


Ternyata ketakutan-ketakutan dalam melayani Tuhan itu muncul di dalam hati kita tidak hanya karena ketakutan terhadap orang-orang seberang atau orang-orang yang tidak percaya saja ya, tapi bahkan di dalam persekutuan sesama orang-orang percaya pun kita sering mengalami ketakutan.

Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepada-Nya. (Efesus 3:12)

Firman Tuhan di atas jelas berkata bahwa di dalam Dia kita beroleh keberanian. Bukan roh ketakutan, tapi roh keberanian untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan melayani Tuhan.

Kalau kita fokus bahwa kita melayani hanya untuk Tuhan, tanpa memandang bahwa akan dinilai baik atau buruk oleh orang lain, tanpa memandang penghakiman orang lain, hanya fokus memberikan pelayanan yang terbaik sepenuh hati semampu kita kepada Tuhan, maka ketakutan itu akan hilang dengan sendirinya.

Karena Tuhan tahu kemampuan kita. Orang pun tahu kemampuan kita. Saat kita diberikan tugas untuk menjadi WL, jangan takut! Karena orang tidak mengharapkan kita sehebat Sidney Mohede. Demikian juga Tuhan. Dia hanya mengharapkan kita melayani sepenuh hati kita, semampu kita.

Saat kita diberikan tugas untuk berdoa, orang-orang tidak berharap kita bisa berdoa dengan dahsyat seperti hamba-hamba Tuhan besar yang biasa muncul di TV. Tapi Tuhan mau lihat kita berdoa dengan kesungguhan sepenuh hati kita.

Bukan kehebatan kita yang mau Tuhan lihat, tapi hati kita yang tulus. Saat kita melayani Tuhan dengan ketulusan, dengan rendah hati, dengan segala yang terbaik yang mampu kita berikan untuk Tuhan, maka ketakutan itu akan hilang dengan sendirinya.

Jangan melayani untuk menyenangkan manusia, tapi melayanilah untuk menyenangkan Tuhan. Kolose 3:23 Amin.

Share