Selasa, 11 Maret 2014

Bagaimana caranya jadi garam dan terang?



Bacaan Harian: Filipi 2

Kita telah mengerti bahwa Tuhan ingin agar hendaknya kita menjadi garam dan terang bagi orang-orang di sekitar kita, agar mereka boleh melihat cahaya yang benar dan memuliakan Bapa kita di sorga. (Matius 5:13-16)

Tapi bagaimana caranya agar kita bisa bercahaya di tengah-tengah mereka? Apakah harus selalu dengan cara memberitakan  Injil kepada mereka? Apakah harus selalu membicarakan Firman Tuhan dengan mereka? Ternyata tidak harus demikian. Ada banyak cara, dan Filipi 2 ini memberitahukan kepada kita caranya.


Firman Tuhan mengatakan bahwa hendaklah hidup kita ini menjadi Injil yang terbuka yang bisa dibaca oleh semua orang, sehingga melalui hidup kita, orang bisa mengenal bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang benar tercermin di dalam tingkah, perkataan, karakter dan perilaku kita sehari-hari.

Salah satu karakter yang harus kita selalu latih adalah Ketaatan. Firman Tuhan mengatakan bahwa kita harus taat dalam melakukan pekerjaan kita, lakukan segala sesuatu dengan sukacita jangan mengeluh.

Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan (Filipi 2:14)

Firman Tuhan, lakukan dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan. Berapa banyak dari  kita yang suka mengeluh jika diberikan tugas oleh orang tua kita? Seberapa sering kita mengeluh dan berusaha menolak jika kita diberikan tugas yang berat atau tidak menyenangkan dari sekolah/gereja/pelayanan dsb.

Lakukanlah segala sesuatu untuk Tuhan.

Ada PR dari sekolah banyaaaakk sekali? Lakukan dengan baik supaya Tuhan senang.
Disuruh mama beli telur ke pasar? Lakukan dengan baik supaya Tuhan senang.
Disuruh antar jemput nenek arisan? Lakukan dengan baik supaya Tuhan senang.

Diberi tugas untuk menyapu dan mengepel kelas di sekolah? Lakukan dengan baik supaya Tuhan senang.
Sudah kerja baik tapi terus aja dimarahi dan diomeli oleh Bos atau Gembala atau Atasan? Tetap lakukan dengan baik supaya Tuhan senang.

Apapun yang kita lakukan, lakukanlah dengan motivasi agar Tuhan senang. Seperti yang Kolose 3:23 katakan, Lakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan bukan untuk manusia.

Dengan demikian orang akan melihat bahwa kita adalah orang yang tidak pernah mengeluh saat diberikan pekerjaan. Dengan demikian orang melihat bahwa kita orang yang rajin dan taat. Dengan demikian, orang akan memuliakan Allah Bapa kita di sorga. Amin.

Share