Rabu, 06 Mei 2015

Orang Kristen Boleh Makan Darah

Minggu lalu kita sudah belajar bahwa kita boleh makan darah tetapi tetap harus menggunakan hikmat. Hanya karena boleh, bukan berarti harus kita lakukan.




Bacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 21

Sama hal-nya zaman dahulu tidak boleh makan babi, karena babi itu haram. Sekarang kita boleh makan babi, tetapi tidak berarti kita harus makan babi. Jika Anda memiliki kolesterol yang tinggi, maka Anda harus berhikmat untuk tidak makan babi.

Pada Pasal 21 ini lagi-lagi Paulus bertentangan dengan orang-orang Yahudi yang sudah percaya di bawah pimpinan Yakobus. Mirip dengan Pasal 15 kemarin, Paulus pun disuruh untuk mentahirkan dirinya dengan cara hukum Taurat atau hukum Musa.

Apakah ini berarti bahwa kita tidak boleh makan darah? Bukan. Paulus mengajarkan agar kita tidak menjadi batu sandungan untuk saudara-saudara kita. (Roma 14:13) Jika sedang bersama mereka yang tidak makan, maka kita harus menghormatinya untuk juga tidak makan. Ini agar tidak menjadi batu sandungan bagi mereka yang hidup dengan cara Perjanjian Lama, yaitu hidup sesuai dengan hukum Taurat (Ayat 20)

Yang terpenting adalah hikmat. Jangan saling menjadi batu sandungan.

Share