Senin, 27 Januari 2014

Keteladanan, Tahu Berterima Kasih Versi Paulus (Roma 16)



Rasul Paulus adalah contoh hamba Tuhan yang luar biasa. Sebagai gembala dari domba-domba Tuhan, sebagai sahabat, sebagai rekan sekerja bagi Allah. Rasul Paulus telah memberikan kita teladan yang sangat hebat di Roma 16.

Saya harap saudara sudah membaca Roma 16, sebelum kita berbicara semakin dalam membahas tentang ini. :)



Paulus dalam Roma 16 menunjukkan betapa luar biasanya perhatian seorang Paulus terhadap orang-orang percaya di tempat-tempat yang pernah ia layani.

Coba perhatikan Roma 16:1-15

Perhatikan betapa Paulus tidak hanya mengingat nama-nama mereka. (note: saya sendiri orangnya paling susah mengingat nama heheee) Luar biasanya Paulus, dia bahkan mengingat segala apa yang telah mereka lakukan.

Ayat 1, 2: Paulus tidak hanya sekedar mengingat nama-nama mereka. Paulus ingat betapa Febe telah banyak memberikan bantuan kepada Paulus dalam pelayanannya.

Ayat 3, 4: Paulus mengingat Priskila dan Akwila yang telah mempertaruhkan nyawaya untuk Paulus.

Ayat 5: Paulus meningat Epenetus yang adalah buah pertama dari pelayanan di daerah Asia.

Dan masih banyak lagi di ayat-ayat selanjutnya.


Bukankah ini luar biasa? Paulus benar-benar memberikan teladan. Tidak hanya Paulus mengingat setiap nama mereka, tapi juga Paulus mengingat setiap hal baik yang telah mereka lakukan. Ini membuktikan bahwa Paulus pun pasti sering membawa mereka dalam doa, makanya Paulus bisa mengingat begitu banyak orang.

Dalam pasal terakhir kitab Roma ini, Paulus berpesan supaya jemaat-jemaat di Roma membantu dan menolong orang-orang yang dia sebutkan namanya di atas. Bahkan dalam keadaan Paulus yang sedang sulit, dan pasti luar biasa sibuk, tapi Paulus tetap menyempatkan diri untuk selalu mengingat kebutuhan orang lain.

Paulus telah mengajarkan kita untuk selalu mengingat budi baik orang, tahu berterima kasih, dan  care / perhatian dan kasih sayang kepada seluruh saudara seiman, dan terlebih lagi sesama pelayan Tuhan di tempat lain.

Semoga kita bisa meneladani teladan yang telah diberikan Paulus.

Ayat terakhir, Roma 16:27, Segala kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Yesus Kristus, Allah yang hidup.


Share